Saturday, July 30, 2011

CERPEN KOMEDI SARKASTIK dari PLESETAN JUDUL FILM

Rangkuman CTC

CERPEN KOMEDI SARKASTIK dari PLESETAN JUDUL FILM

By: Lonyenk Rap dan Naminist Popy



*Cerpen komedi sarkastik merupakan suatu cerita pendek dengan menciptakan humor dalam nuansa ironis atau menghasilkan bentuk tulisan yang berlawanan dengan kenyataan yang berisi sindiran pedas kepada sasaran yang dituju dengan tujuan tertentu.



Cara membuat cerpen komedi sarkastik dari plesetan judul film:

1. Cari resensi film Indonesia yg filmnya dikenal masyrakat luas. Tapi ingat, yg diambil cuma judulnya bukan idenya! itu pun judulnya diplesetin secara ironis, misalnya "tali pocong perawan" diplesetin jadi "tali pocong janda" (dengan alasan, bisa saja bila janda itu perawan dan gadis itu bukan perawan, hihihi) atau "janji joni" diplesetin jadi "janji jontor" (dengan alasan, joni itu jontor bukan pada fisiknya, tapi pada singkatan namanya, hihihi).



2. Lalu tonton filmnya (pake DVD bajakan *hihihi, jangan ditiru). Riset sebelum menulis sebuah karya sangat perlu. INGAT! Riset dilakukan bukan membantu kita menjadi mirip dengan karya asli yg kita plesetkan judulnya. Tapi riset harus menjadi pembatas atau warning bagi kita, agar karya yg kita tulis sama sekali tidak mirip dengan judul film yg kita plesetkan.



3.Mengolah menjadi sebuah cerpen komedi yang lucu namun tidak lebay atau berlebihan. cerita ditulis se-natural mungkin, tidak terlalu memaksakan atau mengada2 agar terkesan lucu.



4. Memasukkan unsur sarkasme ke dalam cerpen. Sindiran pedas dalam komedi sarkastik seringkali menyinggung pihak2 tertentu, jadi unsur sarkasme yang dimasukkan ke dalam cerpen haruslah tepat sasaran agar pesan yg disampaikan tidak disalah artikan.

0 comments:

Post a Comment

Tinggalkan jejak ya setelah berkunjung :)

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Walgreens Printable Coupons