Saturday, July 30, 2011

Jum'at Cendol _Hilman Hariwijaya_

Kita ngobrolin soal nulis skenario yaaaa? Aku ambil dari salah satu skenarioku yg udah panjang tayangannya... 320 eps... yaitu Arti Sahabat di indosiar. Kebetulan dari awal aku yg bikin plotting ceritanya...



Nah kendalanya, setelah menulis cerita ratusan episode itu, gmana supaya kita bisa bikin agar tiap episode tetep greget dan ga boring.



Secara garis besar sih rumusannya begini:



1. Sinetron tuh beda ma film. Kalo film yg menjadi dasar penting adalah CERITAnya. Sedang sinetron, yang paling penting KARAKTER TOKOHnya. Itu kenapa CF bisa sukses, MuM (melati untuk marvel) bisa 300an eps, itu karena karakter tokoh2nya yang nempel di penonton.... Dan bisa jadi wakil penonton. Spt juga LUPUS suksesnya kan karena karakter2nya, hehehe. Jadi kalo mau bikin sinetron yg berumur panjang, bikinlah karakter yang bisa nempel dan diterima penonton. Gimana bikin karakter yg bagus? Nah itu bisa nanya sama pak KepSek... Dia paham bgt lah... Ini terbukti dari aku bikin bbrp sinetron yg cukup sukses dan panjang. Arti Sahabat, CF, MUM, CDA, Suci... etc etc.. banyak deh, hehe



2. Tiap eps harus bikin konflik yg kena ke karakter utamanya. Jadi kalo misalnya kita bikin satu trek cerita bagus, tapi yg kena masalah itu bukan tokoh utamanya, ya penonton kagak mo peduli. Artinya gini, misalnya kita nonton CF, pasti cewek2 pd bayangin dirinya jadi Fitri, trus kita bikin masalah pelik yang menimpa Moza, misalnya. Ya secara emosional penonton ga akan ikut terbawa, karena kan sebodo amat deh Moza mo nungging kek, kayang kek, yang penting si Fitri aman-aman aja.



3. Untuk seri panjang, biasanya banyak tokohnya. Nah kita harus bikin trek2 cerita yg menarik dari masing2 tokohnya, tapi kalo bisa, semua harus saling berkaitan dan punya efek ke tokoh utamanya.... Jadi flow ceritanya bisa enak dan ga patah-patah. Yang penting lagi, tiap eps harus bikin twist2 yg menarik... twst artinya, tikungan cerita yang ngga ketebak, hingga penonton dibuat ga bergerak dari tempat duduknya... merasa penasaran mau ikutin apa lanjutan ceritanya.... Makanya FREEZE itu penting. FREEZE harus sst yang hook audience.



4. Jangan bikin sc panjang2, lbh bagus pendek, cepet dan penuh intercut.



5. Coba bikin tema cerita dimulai dari masalah sepele, lalu bertingkat jadi besar, dan besar, dan besaaar... dan makin complicated.... spt contohnya, di series 24. Hingga akhirnya memancing rasa kagum penonton, yg berpikir: gila ya? Ngga nyangka cuma gara-gara salah nempelin nama bayi aja, tu bayi jadi ketuker dan ribet banget urusannya...



6. TIap scene harus ada konflik dramanya... Jangan bikin sc sc basa basi yang cuma ngobrol doang. Atau pengulangan informasi Yg harus dipikirin, ga penting tokoh cerita kita tau info itu apa nggak, tapi lbh penting penonton di rumah, tau nggak info itu? Paham apa nggak?



7. Jangan bikin sc sc yang REPETITIVE. Pengulangan. Kalo adaptasi, terinspirasi dari film atau series lain, itu malah syah-syah aja. Asal jangan pengulangan.



8. Jaga kontiniti cerita dan karakternya... juga harus make sense. Meski kadang kita punya liberty juga demi untuk bikin drama yg bagus.



9. Dialog2 hrs to the point. Hindari kata2 spt: Ya udh, kalo gitu, ngomong-ngomong, oya?



10. Believe me, meski banyak org mencemooh sinetron itu cemen, tapi sama sekali ngga gampang bikin ceritanya. Jauh lebih gampang nulis buku. Tanya deh sama yg udah terjun ke sinetron series apalagi yang stripping...



Udah dehhhh... yuk ngobrol. Maap kalo ada salah2 ngetik. Ngebut bgt bikinnya, dipaksa ma nessa tuhhhhh.



CONTOH SKENARIO CUPLIKAN TRACK ZUL DI RANUM:



ADD SCENE RANUM episode 1

Track ZULFIKAR (Bemby Putuanda) eps 1



35. A EXT. gang kampung - siang

CU: Perut buncit ZUL yang lagi diolesin krim pelangsing sama dia sendiri. Ngolesinnya sambil lenggak-lenggok dengan luwes.

Sampai kemudian kita perlihatkan ke atas, dan terus ke atas, lalu tampak wajah menyeringai ZUL. Di depannya beberapa ibu kampung sedang ngumpul dan terkagum-kagum, sambil kasak-kusuk. Mereka adalah ibu-ibu gendut. Tapi salah satunya adalah MIRANDA, yang wajahnya tampak penasaran berat!

MIRANDA

Wah, wah... Beneran gak sih ini? Beneran bisa langsingin perut, Bang?

ZUL bicara dengan logat Betawi.

ZUL

Yaelah, mpooookk! Makanya liat aja ntar gimane epeknya di perut aye! Nih, perhatiin terus deh pokoknye. Jangan ampe berkedip kalo perlu! Bakalan ada keajaiban ame perut aye! Bentar lagi bakal nyusut-suuuttt... Kempes!

Crowded

Ah, masa sih?// lagian masa epeknya secepet ntu?// iye, ye?

ZUL terus sibuk mengolesi krim itu di perutnya.

ZUL

Liat pan, tadi pas aye baru dateng, perut aye masih ngegelembung kayak cewek bunting pan?

Semua langsung pada koor, "Iyeeeeeee..." ZUL senyum. Lalu ia menarik otot perutnya dan sengaja nahan napas. Terus dan terus.

CU : Kita perlihatkan perut ZUL mulai mengeras dan meramping.

Semua mata ibu-ibu di situ terbelalak. Muka mereka terkagum-kagum.

CROWDED

Waaahh, beneran, lhooo... // wah, wah, ebuseeeetttt! Beneran! Perutnya rata sekarang! Kita belii krim ajaib ini!!!

ZUL berusaha keras untuk menahan terus otot perutnya. Sampai sudah napas dan susah bicara.

Tapi mata ZUL mendadak melihat sosok seorang cewek cantik di kejauhan. Mana cewek itu sexy abiiisss.

Kontan ZUL lupa diri, matanya berbinar dan mulutnya langsung bergumam dan perutnya lepaaass... Jadi kendor dan gendut seperti semula..

ZUL

Gilingan! Bohay amat tu cewek!

Semua ibu di situ kaget dan ikut menoleh. Lalu mereka kaget liat perut ZUL yang gendut kayak semula. Mereka marah dan memukuli ZUL. ZUL kaget dan berusaha menangkis, menghindari pukul dan cubitan mereka.

CROWDED

Eeee, ternyata bo'ong-bo'ongan yaa!// Sial! Ditipu kite-kite!// untung aja belom beli! Huh!// Dasar tukang tipuuu!!!

ZuL

Ampun! Ampun, mpoookk!! Aye bukannya bo'ong! Tadi tuh beneran! Ini cuma kembung keisi angin barusan!

ZUL lekas mengemasi barang dagangannya dan berusaha kabur. Semua masih marah dan berusaha mengejar. ZUL lekas kabur sejauh-jauhnya dengan panik.

ZUL

Tolooong! Ampuun!!

Sandal, kaleng, batu, melayang tertuju ke arah ZUL...

CUT TO:

44. A. EXT. jalanan - siang

ZUL kini penampilannya udah kembali oke dan selalu dandan abis-abisan. Pake celana putih ketat, baju kotak-kotak ketat, dan pake bretel, ala Smash Band…

ZUL mengendari motornya dengan penuh semangat. Seringkali ia melihat pantulan mukanya sendiri di spion.

ZuL

Buset! Buah semangka, jatoh di atep. Gak nyangka gue cakep!

Mendadak... BRAAAKKK!

Motor ZUL menabrak seorang pria paruh baya bernama Djoko yang sedang menyeberang jalan! DJOKO kesakitan dan ngamuk, sambil terpincang-pincang.

ZUL

Eh, ampun pak, maaf!

Djoko

Maaf, maaf!! Punya mata gak, sih? Bawa motot gak liat-liat! Pasti kamu gak punya SIM, ya? Dasar kampungan! Baru beli motor aja udah belagu! Sok kecakepan!

ZUL kaget dan kesel dikata-katain.

ZuL

Eh, Om! Gak usah menghina gitu, dong. Saya pan udah minta maap!

DJOKO

Orang miskin kayak kamu itu memang suka norak kalo punya barang baru!

ZUL makin tersinggung. Ia melirik dan liat mobil mewah yang parkir dekat sana.

ZuL

Dasar orang sok kaya jelek! Paling juga lo supirnya kan?? Cuihh! Lo punya anak gadis, juga gue ogah!

DJOKO

Pih! Gue-nya juga ogah punya menantu butut kayak elo!

ZuL

Eh Om. Kata kakek gue, dia baca dari air di baskom, calon bini gue ntu anak orang kaya! Keturunannya jelas! Bibit, bebet dan bobotnya kualitas unggul! Gak kayak sitttuuu! Huh!

DJOKO

Ya udah, gak usah banyak bacot, ganti rugi dulu nih, kaki gue sakit!

ZUL jadi kesel dan menyalakan mesin motornya, siap pergi.

ZUL

Bodo ah! Situ nyebrangnya juga meleng pan?

DZIIINGG!! Tau-tau motor ZUL udah melesat pergi. DJO kaget dan teriak kesal.

DjOKO

Heeiii! Tunggu! Hh, awas lo ya!

CUT TO:

44. B INT. ruang tamu kantor zul - sore

Zul sampai di kantornya dan keringetan. Ia mau kasih laporan ke BENO, tapi kaget karena di sana ada cewek cantik lagi bicara dengan BENO.

MONA

Coba dululah, Pak. Pasang iklan di majalah saya, sebulan aja. Majalahnya kan mingguan, jadi produk Bapak muncul 4 kali. Saya kasih bonus 2 kali dehhh...

Beno

Makasih, tapi saya kurang tertarik.

MoNA

Pak, majalahnya saya memang baru terbit, tapi Oplah edisi pertama sampe 200 ribu eksemplar lohhh...

ZUL langsung berbinar dan nyerobot.



ZUL

Wah, bagus banget itu, Pak! Setuju banget sama usulan si mbak cakep ini. Siapa mbak namanya?

MONA

(salaman)

Mona...

ZUL

Monas?

MoNA

Mo-na! Mona Magnolia.

ZuL

Oh, ya. Mona.

(ke BENO)

Pak, kita langsung pasang iklan produk kita untuk kontrak setahun aja sekalian, Pak!

(ke MONA)

Dapet diskon dong pastinya?

BENO kaget, sementara MONA langsung kegirangan.

MONA

Oh, pasti!

(ke BENO)

Makasih ya, Pak! Ah, akhirnya Bapak setuju juga untuk pasang iklan di majalah saya! Makasih, makasih! Nanti saya kirim invoice-nya...

BENO kaget dan mua protes, tapi MONA terlanjur kegirangan, BENO jadi gak enak. Sementara ZUL senyam-senyum bangga. MONA ambil tas dan pamit.

MONA

Ya udah, saya pamit dulu. Trima kasih atas kerja samanya, Pak Beno!

MONA ngajak salaman BENO. BENO nyengir asem. MONA lalu keluar ruangan. ZUL liat kepergian MONA sambil senyam-senyum, lalu membalikkan badan dan JRENG! BENO langsung mengemplang kepala Zul.

ZUL

(teriak kesakitan)

Adaoooo, kepala Vicky kenape dipukul???

BeNO

Lo tuh udah gila, ya! Ngapain kita buang-buang duit dengan masang iklan di majalah baru kayak gituuu?? Grrhh!!

ZUL kaget dan takut.

BeNO

Kita tuh lagi penghematan, dodooooll!!! Bisa-bisa gue potong gaji lo buat bayar iklan itu. Mau lo?

ZUL kaget dan nyembah-nyembah.

ZUL

Aduh, aduh, jangan dong, Paakk! Ampuunn!

BENO masih nampak bete berat!

CUT TO:

44 C. INT. rumah mona - malam

Mona datang dengan wajah sumringah, sambil setengah berlari mencari ayahnya. Rumahnya sangat besar dan mewah.

MoNA

Papiiii!!! Aku ada kabar gembira buat Papi! Aku dapet kontrak iklan besar untuk majalahku, Pi! Mereka mau masang untuk jangka waktu setahuunnn!!!

Suara tepuk tangan terdengar, MONA menoleh, lalu tersenyum senang dan berlari mendekati orang yang kita liat dari belakang itu.

DJOKO

Hebat. Anak Papi memang hebat!

Dan kemudian baru kita tunjukkan, bahwa ayah MONA itu adalah... DJOKO!

CUT TO:



JAWABAN PERTANYAAN:



10. Rozie Deedee Kenapa sinetron selalu bagus di awal dan sampai di tengah seperti cuma nurutin pasar saja,

Mas Hilman Lupus Idolaku: Ya, emang pas saat bikin pilot (eps awal) pasti konsepnya perfect, syutingnya juga niat banget sampai beberapa hari utk 1 eps (rata2, 4 - 6 hari), tapi pas udah tayang, kerjanya grasak grusuk, sehari bisa jadi 2 eps... begitu juga nulis naskahnya... krn udah kejar setoran sifatnya.... Dan kalo rating turun, pada jumpalitan maen sirkus acak2 critanya.. pokoknya bener2 absurd... dan udah ga berpegang pada panduan awal (buku putih) nya... bisa aja masuk karakter2 baru, track cerita yg ngga jalan, dipotong seenaknya.. Pokoknya absurd banget dehhhh... hehe... yg ga biasa bisa stres dan jantungan,,,,



11. Yuris Waruwu mas hilman

tanya lagi...

Kapan tepatnya kita memunculkan klikmas persoalan pada sebuah sinotren...

Mas Hilman Lupus Idolaku:

Ini ga ada patokannya... kalo masih menarik, bisa aja proses cerita menuju ke klimaks di milking.. di milking tuh maksudnya diperes... kayak memerah susu... contoh di PYD, itu pas tes DNA, selalu ada-ada aja kendalanya, kenapa hasilnya ngga bisa sampe ke ybs, dibikin kendala2, hasil DNA nya ditukerlah, RS nya kebakar lah, ect etc... berbagai cara.





12. Dion Sagirang : Episode yang nyampe ratusan dan sampai ada season-season berikutnya menurutku itu sangat menjenuhkan, apalagi jalan ceritanya yang sudah mulai mencapruk(keluar area) dari cerita awal.

Kenapa hal tersebut yang selalu terjadi pada dunia persinetronan Indonesia?

Mas Hilman Lupus Idolaku:

knp sinetron di sini panjang2? krn kalo rating bagus dan iklan banyak, ga akan ditamatin, Jadi cerita bukan berdasarkan konsep, tp bedasarkan permintaan pasar. Abis tayang 1 eps, kita baca Minute by minute tayangan, utk menen...tukan cerita lanjutannya. Jadi beda sama di luar, kalo di luar kan sinetronnya dibikin sampe jadi dulu, sampe tamat, baru tayang...kalo sukses, baru bikin season 2 nya... kalo di sini kan ngga...



13. : Aku mau nanya: Sebenernya inti dari dibuatnya sinetron itu apa ya mas?? Sinetron yang berumur panjang itu disebabkan selera pasar atau keinginan pihak stasiun Tv?? Ex: "Tersanjung".. banyak yg udah bosen. Tapi kenapa masih diperpanjang sampai epidose kesekian?? Kenapa CF pindah ke Indosiar ya mas?? Hehe... (maaf kalo ada pertanyaan yang kepleset dari materi)

Mas Hilman Lupus Idolaku: inti dari dibuatnya sinetron kan supaya ibu2 pada tertarik untuk nonton, dan diem-diem ada selingan iklan, supaya produknya dibeli oleh ibu2, dan Stasiun TV berlomba2 bikin sinetron dengan rating tinggi, supaya TV stasiunnya bisa jadi nomor satu. Tersanjung dibikin terus, meski penonton bosen, tapi indikasinya bukan itu. Indikasinya rating dan sharenya masih bagus ngga? Kalo masih berarti masih diminati. CF pindah ke indosiar, karena MD ada konflik dengan pihak program SCTV. nah sekarang Indosiar di take over sama SCTV, gimana nasib MD? Itu bakal seru...



14. Chrystina Yohana Limas : Pertanyaan

o> Mas,sinetron Indonesia kok sekarang ini ceritanya melulu seputar rebutan harta,pacar,kekuasaan.apak

ah memang cerita seperti itu yang disukai hampir sebagian penonton(ini ada kaitannya dengan karakter)kan mas Hilman bilang nggak penting sebuah cerita kalau sinetron tetapi yang penting karakter tokohnya.lalu apakah kalau ingin membuat cerita yang bagus,mendidik,disertai dengan karakter yang kuat tidak diterima oleh masyarakat?

o> Soal FREEZE,aku nggak ngerti artinya apa dan gimana buat FREEZE yang ngehook audience?

o> Scene yang penuh intercut itu yang seperti apa,mas Hilman?

Maaf,nanyanya kebanyakan.mumpung yang ngajar mas

Mas Hilman Lupus Idolaku: o> bukannya cerita spt itu yang disukai, bisa yg lain, tapi desain cerita spt itu yg paling banyak bisa menimbulkan konflik drama keluarga. Nah, jadi patokannya APA TEMA/PREMIS CERITA yang paling banyak bisa menimbulkan konflik drama? Bukan anak ketukernya. Makanya kudu kreatif mikirnya..

0> FREEZE itu ending cerita di satu episode. Nah itu harus sesuatu yang bikin penonton penasaran, hingga mau nonton lagi besoknya. Contoh FREEZE yang barusan aku bikin di arti sahabat. Sebelumnya diceritain bahwa Ajeng (pasangannya Yudha) berusaha dilenyapkan sama orang-orang suruhan Moudy, cewek yg terobsesi sama Yudha, dan pura2 ngaku jadi Ajeng. (Ajeng diceritain mati dalam kecelakaan pesawat). Nah FREEZE yg kubikin, Maudy menelepon orang-orang suruhannya, "Gimana? Lo udah jalanin perintah gue kan? Ajeng udah berhasil ketemu dan lo bunuh???" lalu Moudy nutup telepon, dan berbalik badan, dan JRENGG! Tau-tau Yudha udah berdiri di belakangnya. Moudy shock.... dan FREEZE. Di sini kan penonton bertanya2, nah lo ketauan dong Moudy yang bunuh Ajeng??? Yudha bakal marah dong... penonton penasaran, nungguin... trus di DEFREEZE, awal cerita lanjutannya... aku bikin, Yudha bengong liat Moudy... kita bikin seolah2 bakal ada konflik gede antar keduanya, karena Yudha mencuri dengar omongan Moudy yg mo bunuh Ajeng... Tapi tau2 Yudha ngelepasin earphonenya, dia lagi denger ipod. "Kenapa Moud? Kok lo tegang banget?" Phiuhhh.... selamet dehhhh Moudy... Itu contohnya...



15. Nur Aisyah Siregar anyway, bingung? sepertinya menulis skenario sangat berbeda dengan menulis cerpen. banyak gak ngerti istilahnya twist,freeze, ext, sc, intercut, trek. *masih baru, mas Hilman Hariwijaya. ^^ jadi mau tanya, pernah gak mas Hilman mentok dalam menulis skenario untuk cerita yang panjang sampai ratusan episode? apa yang mas Hilman lakukan untuk mengatasinya?" FREEZE harus sst yang hook audience" apa maksudnya, mas Hilman?

Mas Hilman Lupus Idolaku: FREEZE liat contoh d atas ya? Kalo mentok ya sering, jalan keluarnya nontonin series2 lainnya, buat nyolong2 ide, hehehe..



16. Richa Miskiyya Mas Hilman, darimana harus cari ide buat lanjutan cerita sinetron stripping, secara yang namanya sinetron stripping itu kan kejar-kejaran ya....apalagi harus nyambungin ide cerita agar masuk akal, menarik, dan tetap disukai para pemirsa...repot gak cari idenya....

Mas Hilman Lupus Idolaku: Repot banget, makanya harus pake tim kreatif, Buat tektok ide aja... kalo mikir sendiri bisa stress,,, makanya kan waktu itu aku nyari di anak2 cendol. ada ngga yg mau jadi team kreatifku... temen buat diskusi.



17. Zahara Putri Mau tanya menjaga kontinu cerita dan karakter, juga harus make sense itu apa maksudnya?!

Trus.. Bisa jelaskan kata2 asing bagi saya seperti A. Ext, crowded,B. Ind, C. Ind, cut to. Tolong jelaskan artinya maklum baru belajar skenario gak tahu

Mas Hilman Lupus Idolaku: Kontiniti cerita dan karakter tuh maksudnya, ceritanya harus nyambung... contoh gampangnya, di eps lalu si Fitri baru sedih banget difitnah keluarga Farrel misalnya, tapi di eps berikutnya masak Fitri santai aja datang ke rumah Farrel seolah ga terjadi apa2,,, itu kan ga kontiniti. Kalau di karakter, misalnya Yudha itu ngga pernah bisa ke lain hati kecuali ke Ajeng, trus di satu eps digambarin, Yudha ikut racing, trus dia naksir sama cewek keren yg nonton racing itu... Nah itu kan ga kontiniti karakternya Yudha.... Harus make sense=masuk akal. Logikanya bener. EXT itu exterior, artinya tempat kejadiannya di luar ruangan, CROWDED ya artinya penuh sesak, biasanya buat gambarin dialog yg bertumpuk... IND maksudnya INT ya? INT tuh interior, lokasinya di dalam ruangan... jadi perlu lampu (lighting) etc, CUT TO: pindah satu adegan ke adegan lain.



18. Eka Apriyani Mau nanya mas kenapa sinetron indonesia kebanyakan membosankan? Beda sama film2 seri dari korea mislny. Apakah kelogisan suatu pristiwa pnya pengaruh bsar dalam menarik minat penonton?

Mas Hilman Lupus Idolaku: Ini jawabannya, baca deh jawabanku ke mas Mayoko.... kira2 begitulah... krn tuntutan pasar dan produser yg ga mau ambil resiko.

1 comments:

Hadi said...

Ini cendol jaman kapan kak?

Post a Comment

Tinggalkan jejak ya setelah berkunjung :)

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Walgreens Printable Coupons