Saturday, September 10, 2011

Serunya 7 jam Bersama ONOFF



Serunya 7 jam Bersama ONOFF
~Tri Lego Indah F N*~
            Hari jum’at, 09 september 2011, tepatnya pukul 21:00 waktu hape saya,  saat saya hendak bersiap-siap untuk beristirahat datang sms dari nomor yang tak saya kenali. Intinya menanyakan apakah ada komunitas penulis di Lampung. Karena pertanyaannya sopan, saya segera membalas sms beliau dan menanyakan siapakah pengirim sms tersebut. Ya, ternyata beliau adalah Sandy Prayoga, salah satu anggota komunitas blogger lampung-seriut.com. Karena beberapa komunitas penulis di lampung saya sendiri yang diamanahkan untuk mengetuainya, maka, saya jawab iya, banyak komunitas penulis di lampung dan saya sebagai salah satu pengurusnya.
            Saya fikir, Sandy tertarik untuk bergabung di dunia literasi di lampung, eh ternyata beliau sedang terlibat dalam kepanitiaan workshop yang akan diadakan esok harinya. Jadi, karena mendesak, maka saya maklum, jika kemudian Sandy mengirim undangan workshop untuk komunitas saya via email. Pukul 23:30 tepat, email dari Sandy sudah sampai dengan selamat di imel saya. Segera saya buka, dan baca rundown acaranya. Menarik! Dan saya setuju untuk menghadiri undangan tersebut. Sayang, karena sudah sangat penat, maka saya mengkonfirmasi kehadiran 2 jam sebelum acara dimulai. Jam 8 tepat, saya segera mengirim sms ke Sandy untuk mengkonfirmasi kehadiran saya mewakili LRS Chapter Lampung dan mbak Fadila Hanum yang mewakili FLP Lampung.
            Hari H Workshop, yaitu hari Sabtu, 10 September 2011, pukul 10:00, saya bersama mbak Hanum segera gegas menuju ruang pasca sarjana UBL-Universitas Banda Lampung yang menjadi tempat diadakannya kegiatan workshop. Di gedung pasca sarjana lantai 2 UBL, Workshop yang bertema Pemanfaatan Media Social Untuk Promosi Pariwisata Lampung berjalan sangat hangat. Workshop ini dihadiri oleh berbagai komunitas di lampung diantaranya komunitas blogger, komunitas penulis, komunitas biker, komunitas fotografer, komunitas kaskus, guru, komunitas gemercik dan media.
       Workshop inipun menghadirkan pembicara yang sangat pakar di bidangnya yaitu mas Iman Brotoseno- President Asean Blogger Community Chapter Indonesia dan mbak Trinity  penulis sekaligus traveled, penulis 3 seri buku nakedtraveler yang sudah mengunjungi 46 negara di dunia. 
     Agenda seminar dan diskusi ini digawangi oleh ONOFF, Maverik dan kedutaan USA. On Off itu sendiri adalah Pergantian nama yang semula adalah Pesta Blogger, sekarang berubah menjadi on off,  jika pesta blogger itu cenderung hanya diikuti oleh Komunitas Blogger saja, akan tetapi dengan merubah nama menjadi OnOff maka, bisa menjadi lebih flexibel  disemua komunitas ON- Online maupun  OFF-offline. 






Sesi pertama, diisi oleh mas Iman yang tentang berwisata di negeri sendiri. Kemudian dilanjutkan oleh mbak Trinity yang mengupas tuntas Pemanfaatan Media Social untuk promo pariwisata terutama di lampung. Penjelasan selesai dilanjutkan sesi tanya jawab. Situasi sangat renyah ketika jalannya tanya jawab berlangsung.  Agenda jeda untuk istirahat ishoma, dan dilanjutkan dengan Focus Group Discussion di sesi ke dua. Diskusi berjalan cukup serius, setiap kelompok mendiskusikan delapan point panduan diskusi yang diberikan oleh panitia. 

           
Tepat 45 menit, waktu diskusi bersama kelompok usai, saatnya perwakilan setiap kelompok untuk mempresentasikan ide hasil rembug masing-masing kelompok. Dan saya kebetulan mewakili presentasi kelompok 2, meski alokasi waktu yang disiapkan panitia hanya 3 menit, namun kebanyakan penyaji presentasi –termasuk saya, melebihi batas waktu, saya presentasi lebih dari 7 menit ^_^ .Ide kebanyakan hampir sama, namun kebanyakan kurang spesifik, lagi-lagi saya juga terkena evaluasi bersama 2 kelompok lainnya. Banyak hal yang kemudian menjadi koreksi salah 1 perwakilan dari kedutaan USA yang datang menyimak presentasi kami.
             Pengambilan fokus tempat wisata lampung di daerah krui, dengan kemudahan berbagai akses dan layanan, nuansa lokalitas lampung yang masih sangat terjaga,  pemakaian media social yang tepat untuk promo pariwisata, networking yang sangat terkonsep, penjabaran yang sangat detail per pointnya membuat para fasilitator workshop dan kedutaan USA memilih  penyaji presentasi ke 6 sebagai pemenangnya. dan memang kami semua-peserta  sepakat jika team ke 6 menjadi pemenangnya.
            Workshop kali ini adalah rangkaian kegiatan OnOff ke 10 Kota Besar termasuk salah satunya adalah Lampung. Dengan semangat kampanye pariwisata dengan merangkul berbagai komunitas online maupun offline, diharapkan ke depan pariwisata lampung akan kembali menunjukkan geliatnya, dan menarik wisatawan domestik maupun mancanegara untuk berkunjung di sang bumi.
Acara workshop yang berlangsung selama 7 jam ini, diakhiri dengan pengumuman pemenang, pembagian hadiah, pembagian sertifikat dan foto bersama.
*salah satu peserta seminar onoff, ketua lrs chapter lampung


 

~Peserta Workshop Pemanfaatan Media Sosial Untuk Promosi Pariwisata, Sabtu, 10 Sept 2011, at IBI Darmajaya~  
















Onoff di media cetak lampung, minggu 11 september 2011

3 comments:

Pena Inspirasi Lego said...

Galerry kegiatan ONOFF, 10 September 2011 ada di:
http://www.facebook.com/media/set/?set=a.120907211347259.17846.100002839437166&saved

Sandi Prayoga said...

Dari mana aja, kok baru review..
Regard Me

Tri Lego Indah said...

ini reviewnya udah lama nulisnya kak, publish di blog ini juga pas tanggal 10 Septembernya kok, hehe. Maklum nggak share link di fb, jadi pada nggak tau lego udah buat reviewnya :)

Post a Comment

Tinggalkan jejak ya setelah berkunjung :)

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Walgreens Printable Coupons