Monday, November 21, 2011

Lekaslah Pulang, Nak!


        Dia sosok penuh fenomenal di taman sastra. Terlebih ketika ada event JUARA. Karena sejak ada event tersebut, taman sastra selalu ramai oleh pengunjung yang singgah sekedar lewat ataupun menyengaja untuk berkunjung. 

            “Thumbs” begitu bunyi komentar sosok itu yang serasa menjadi icon miliknya. Siapapun yang memposting sesuatu di tasas- sebutan untuk taman sastra, maka tak pelak akan mendapat komentar yang sama darinya. THUMBS. Hingga siapapun akan merasa kesal dengan dirinya. Sampai-sampai tercetus ide untuk memusnahkannya. Dan hadirlah Kelompok Pembasmi Ahmeed Ghossen-KPAG. Belum sempat KPAG beraksi, sang pemilik icon, sudah keluar dengan gayaya yang masih sama “thumbs”. OMG!,  para anggota KPAG yang sudah siap dengan pentungan masing-masing siap ngegebuk AGAQ-Inisial pemililik icon “thumbs”. Tak ayal dirinya lari tunggang-langgang dan berhasil melarikan diri dari gebukan massa kelompok KPAG. 

            Saya hanya bisa terkekeh membaca postingan demi postingan yang muncul di taman sastra. Sekalipun itu rumah maya yang abstrak, tapi kami serasa ada bersama di sana. 

            Lama berjibaku di tasas, saya baru menyadari bahwa pemilik icon thumbs berdomisili sama dengan tempat tinggal saya. Lampung. Saya baru menyadarinya, ketika itu Leutika, tengah mempromosikan LRS-Leutika Reading Society di publikasi akun fbnya. Dan saya menjadi salah satu koordinator LRS dari 23 koordinator yang telah terdaftar. Mulai dari sanalah, sama berkomunikasi dengan pemilik icon thumbs itu via sms. 

            Setelah puas, bertanya ini itu-mengenai LRS Chapter Lampung, barulah dirinya resmi mendaftarkan diri sebagai anggota LRS Chapter Lampung. Sosok yang fenomenal itu-di tasas, sekarangpun berwujud nyata. Dan 3 Maret 2011, pertama kalinya lah saya bertemu dengan dirinya, di pertemuan perdana LRS Chapter Lampung.

            So far so good, sejauh mengenal anak ini-pasca pertemuan LRS, saya salud dengan semangadnya. Karenanya, saya sangat menaruh harapan kepadanya, untuk bisa sama-sama menggeliatkan literasi di lampung, yang adem ayem tak lagi punya gaung. Ini mimpi saya. ini harapan saya. Saya berharap benar bersama anak muda ini, juga rekan-rekan yang lain, dengan bendera komunitas baca yang dimotori Leutika melalui LRS Chapter Lampung, cita-cita yang mulai digagas ini bisa mendapat sambutan dari masyarakat di sini.

            Tapi, ternyata, Tuhan punya rencana lain. Baru saja saya menemukan dirinya sebagai calon teman yang bisa saya ajak share, dirinya baru saja menyelesaikan wawancara dan test akhir sebagai seorang layoutter di salah satu penerbit di jogja. Dan dirinya memantapkan diri untuk berdomisili di sana.

            Oh Robbi, mendengar berita itu, perasaan saya campur aduk. Sebagai teman, saya ikut gembira, karena dirinya baru saja diterima kerja di sana . Tapiiii, rasanya mimpi saya serasa benar-benar menjadi mimpi!. Tuhan!, saya tidak bisa sendirian, saya butuh rekan untuk menyadarkan geliat literasi di lampung. Dan saya sangat yakin, bersama dirinya, kami bisa merintis ini semua. Tapi, ternyata, kau pilihkan jalan yang lain. Dan kini, dia pergi. Dia hijrah di kota yang lain. Jogja. Kota yang begitu menjanjikan bagi siapa saja.

            Malam itu, hati saya gerimis. Saat dirinya pamit, meminta restu untuk berangkat esok harinya. Sambil menangis, saya terus mengirim sms kepadanya. Banyak sekali pesan yang saya kirim. Sampai saya sudah lupa apa yang saya ketik ^^. Yang jelas, saya berpesan untuknya, agar ingat untuk pulang kampung. Cukuplah ke kampung orang, mencari rezeki sekaligus mencari ilmu. Ketika sudah dirasa cukup, saya ingin dirinya segera pulang. Menerapkan ilmu yang diperolehnya saat hijrah, dan mengembangkannya di sini. Di lampung, kota asalnya. Lekaslah pulang nak, mari kita mulai perjuangan bersama. Menggeliatkan literasi di sang bumi ruwai jurai. Tanah kelahiran kita.

Bandar Lampung, 17 Nov 2011
15:06wib

1 comments:

candra said...

bagus ndah... Alurnya lembut...

*sok lulus matakuliah literatur gitu kan...

Post a Comment

Tinggalkan jejak ya setelah berkunjung :)

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Walgreens Printable Coupons